Selasa, 02 Juli 2024, 04:26:19 | Dibaca: 102
KATA PENGANTAR
Medan, Juli 2023
Camat Medan Johor
DTO
Chandra Dalimunthe,SSTP.MSP
NIP.198108162000121005
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………............................................ |
i |
||
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………… |
ii |
||
DAFTAR TABEL ………………………………………………………………………………… |
iii |
||
BAB I |
PENDAHULUAN ……………………………………………………………………. |
1 |
|
|
1.1 |
Latar Belakang ………………………………………………………………… |
1 |
|
1.2 |
Landasan Hukum ……………………………………………………………… |
2 |
|
1.3 |
Maksud dan Tujuan …………………………………………………………… |
3 |
|
1.4 |
Sistematika Penulisan |
4 |
BAB II |
EVALUASI PELAKSANAAN RENJA PERUBAHAN KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN LALU (2021-2022) …………………………………………… |
5 |
|
|
2.1 |
Evaluasi Pelaksanaan Renja Perubahan Tahun Lalu dan Capaian Renstra Kinerja Kecamatan Medan Johor ………………………………… |
5 |
|
2.2 |
Analisisis Kinerja Pelayanan Kecamatan Medan Johor …………………… |
10 |
|
2.3 |
Isu-Isu Penting Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi ……………………… |
12 |
|
2.4 |
Review Terhadap Rancangan Awal RKPD …………………………………. |
14 |
|
2.5 |
Penelaahan Usulan Program dan Kegiatan Masyarakat ………………….. |
34 |
BAB III |
TUJUAN, SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN …………………………… |
40 |
|
|
3.1 |
Telaahan Terhadap Kebijakan Nasional ……………………………………. |
40 |
|
3.2 |
Tujuan dan Sasaran Renja Perubahan Kecamatan Medan Johor ……….. |
41 |
|
3.3 |
Program dan Kegiatan ………………………………………………………... |
41 |
BAB IV |
RENCANA KERJA DAN PENDANAAN PERANGKAT DAERAH ……………. |
53 |
|
BAB V |
PENUTUP ……………………………………………………………………………. |
55 |
|
DAFTAR TABEL
TABEL T-C.29 |
Rekapitulasi Evaluasi Hasil Pelaksanaan Renja Perubahan Perangkat Daerah dan Pencapaian Renstra Perangkat Daerah s/d Tahun 2022 (TWII) …
|
6 |
TABEL T-C.30 |
Realisasi Program/ Kegiatan Yang Belum Memenuhi Target Kinerja Hasil/ Keluaran Kecamatan Medan Johor TA. 2022 (s/d TW II) ……….
|
11 |
TABEL T-C.31 |
Realisasi Program/ Kegiatan Kecamatan Medan Johor Tahun Anggaran 2022 (s/d TW II) …………………………………………………
|
16 |
TABEL T-C.32 |
Pencapaian Kinerja Pelayanan Kecamatan Medan Johor Kota Medan Tahun 2020-2023 ……………………………………………………………
|
35 |
TABEL T-C.33 |
Review Terhadap Rancangan Awal RKPD Tahun 2023 Kecamatan Medan Johor ………………………………………………………………… |
43 |
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN I |
Program dan Kegiatan Perangkat Daerah Kota Medan Tahun 2023 dan Prarkiraan Maju Rencana Tahun 2024 ……………………………… |
56 |
BAB I
PENDAHULUAN
Rencana Kerja Perubahan Tahun 2023 OPD Kecamatan Medan Johor yang selanjutnya disebut (Renja Perubahan) adalah dokumen perencanaan pembangunan OPD Kecamatan Medan Johor dan pelaksana tugas pelayanan publik sebagai tindak lanjut dari perumusan kebijakan strategis dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Penyusunan Rencana Kerja Perubahan (Renja Perubahan) Tahun 2023 OPD Kecamatan Medan Johor dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan berkelanjutan dengan mengacu kepada RKPD Kota Medan sehingga tujuan dan sasaran pembangunan yang ingin dicapai Kecamatan selaras dengan tujuan dan sasaran Pembangunan Daerah.
Sesuai dengan Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Pasal 21, Kecamatan menyiapkan Rencana Kerja (Renja) Tahunan OPD sesuai tugas pokok dan fungsi OPD serta kerangka pendanaan daerah. Renja OPD Kecamatan secara subastansial sesuai dengan Visi, Misi, agenda OPD dan rencana resmi Renja Provinsi/Kabupaten serta tindak lanjutnya dengan proses Penyusunan RAPBD. Perencanaan Pembangunan harus mencakup 5 (lima) pendekatan yaitu:
Berdasarkan hal tersebut di atas Kecamatan Medan Johor menyusun Renja Perubahan OPD Tahun 2023 sesuai dengan tugas pokok dan fungsi OPD dengan mengacu kepada Renstra OPD Tahun 2021-2026 dan hasil evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan periode sebelumnya.
1.2. Dasar Hukum Penyusunan.
Landasan hukum penyusunan RENJA Perubahan Kecamatan Medan Johor Tahun 2023 adalah:
a. Maksud:
Rencana Kerja Perubahan Kecamatan Medan Johor Tahun 2023 ini disusun dengan maksud untuk menjaga keselarasan, keterkaitan, konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi serta sebagai pedoman bagi Kecamatan Medan Johor dalam pelaksanaan tugas dan fungsi institusi dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran Renstra Perangkat Daerah.
b. Tujuan:
Tujuan penyusunan Renja Perubahan Kecamatan Medan Johor Tahun 2023 adalah untuk memastikan bahwa dokumen ini dapat diterjemahkan ke dalam penyusunan RKPD Kota Medan Tahun 2023.
1.4. Sistematika Penulisan
Rencana Kerja Perubahan Tahun 2023 disusun dengan sistematika sebagai berikut:
Bab. I |
Pendahuluan; |
|
|
|
1.1 1.2 |
Latar Belakang; Landasan Hukum; |
|
|
1.3 |
Maksud dan Tujuan; |
|
|
1.4 |
Sistematika Penulisan; |
|
Bab II |
Hasil Evaluasi RENJA Perubahan Kecamatan Medan Johor Tahun Lalu (2021-2022); |
||
|
2.1 |
Evaluasi Renja Perubahan Tahun Lalu Dan Capaian Renstra Kecamatan Medan Johor; |
|
|
2.2 |
Analisis Kinerja Pelayanan OPD; |
|
|
2.3 |
Isu- Isu Penting Penyelenggaraan Tugas Dan Fungsi OPD; |
|
|
2.4 |
Review Terhadap Rancangan Awal RKPD; |
|
|
2.5 |
Penelaahan Usulan Program Dan Kegiatan Masyarakat; |
|
Bab. III |
Tujuan Dan Sasaran Kecamatan Medan Johor; |
||
|
3.1 |
Telaahan Terhadap Kebijakan Nasional; |
|
|
3.2 |
Tujuan dan Sasaran Renja OPD; |
|
|
3.3 |
Program dan Kegiatan; |
|
Bab.IV |
Rencana Kerja dan Pendanaan Kecamatan Medan Johor; |
||
Bab V |
Penutup. |
||
BAB II
HASIL EVALUASI RENJA PERUBAHAN KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN LALU
2.1. Evaluasi Renja Tahun Lalu dan Capaian Renstra Perangkat Daerah Kecamatan Medan Johor
Renja Perubahan Kecamatan Medan Johor ini menyajikan dasar pengukuran kinerja kegiatan dan sasaran dari hasil apa yang telah diraih atau dilaksanakan selama tahun 2021 dan tahun berjalan 2022 serta perkiraan target anggaran tahun 2023.
Pada tahun 2021 realisasi program/kegiatan tidak terdapat yang melebihi target yang telah direncanakan.
Sesuai dengan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah terdapat perubahan klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur dimulai dari tahun 2021. Evaluasi hasil pelaksanaan rencana kerja Kecamatan Medan Johor dan capaian Renstra serta perubahan klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur dapat dilihat pada tabel berikut (Tabel TC 29):
|
||||||||||||||||
REKAPITULASI EVALUASI HASIL PELAKSANAAN RENJA PERUBAHAN PERANGKAT DAERAH DAN PENCAPAIAN RENSTRA PERANGKAT DAERAH TAHUN 2021 KOTA MEDAN (PENYESUAIAN PROGRAM/KEGIATAN/SUB KEGIATAN TAHUN ANGGARAN 2021 SESUAI PEMUKTAHIRAN PERMENDAGRI 90/2019)
|
|
|||||||||||||||
KECAMATAN MEDAN JOHOR |
|
|||||||||||||||
Kode |
Urusan/ bidang Urusan Pemerintah Daerah dan Program /Kegiatan/ Sub Kegiatan |
Indikator Kinerja Program (Outcome)/Kegiatan/Sub Kegiatan (Output) |
Target Kinerja Capaian Program (Renstra Perangkat Daerah) Tahun 2021-2026 |
Realisasi Target Kinerja Hasil Program dan Keluaran Kegiatan s/d dengan tahun 2020 (n-3) |
Target dan Realisasi Kinerja Program dan Kegiatan Tahun 2021 (n-2) |
Target program dan kegiatan (Renja Perangkat Daerah Tahun 2022 (n-1) |
Perkiraan Realisasi Capaian Target Renstra Perangkat Daerah s/d Tahun Berjalan |
|
||||||||
Target Renja Perangkat Daerah Tahun 2021 (n-2) |
Realisasi Renja Perangkat Daerah Tahun 2021 (n-2) |
Tingkat Realisasi (%) |
Realisasi Capaian Program dan Kegiatan s/d tahun berjalan tahun 2022 (n-1)* |
Tingkat Capaian Realisasi Target Renstra (%)* |
|
|||||||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10)
|
(11) |
|
|||||
7.01.01 |
Program Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota |
Cakupan Layanan Administrasi Penunjang Urusan Pemerintahan Perangkat Daerah |
80 |
persen |
|
80 |
persen |
75 |
persen |
100% |
85 |
persen |
58 |
persen |
27,46% |
|
7.01.01.2.01 |
Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah |
Jumlah Kegiatan yang mendukung Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah |
2 |
Dokumen |
|
2 |
Dokumen |
2 |
Dokumen |
100% |
0 |
Dokumen |
0 |
Dokumen |
28,57% |
|
7.01.01.2.01.01 |
Penyusunan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah |
Jumlah dokumen perencanaan perangkat daerah yang tersedia |
2 |
Dokumen |
|
2 |
Dokumen |
2 |
Dokumen |
100% |
0 |
Dokumen |
0 |
Dokumen |
28,57% |
|
7.01.01.2.02 |
Administrasi Keuangan Perangkat Daerah |
Jumlah Kegiatan yang Mendukung Administrasi Keuangan |
12 |
Bulan |
|
12 |
Bulan |
12 |
Bulan |
100% |
12 |
Bulan |
6 |
Bulan |
22,25% |
|
7.01.01.2.02.01 |
Penyediaan Gaji Dan Tunjangan ASN |
Tersedianya pembayaran gaji dan tunjangan ASN |
12 |
Bulan |
|
12 |
Bulan |
12 |
Bulan |
100% |
12 |
Bulan |
6 |
Bulan |
25% |
|
7.01.01.2.02.05 |
Koordinasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Akhir Tahun SKPD |
Laporan keuangan yang akuntabel |
1 |
Laporan |
|
0 |
laporan |
0 |
laporan |
0% |
1 |
laporan |
1 |
laporan |
20% |
|
7.01.01.2.05 |
Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah |
Persentase cakupan administrasi kepegawaian perangkat daerah yang tersedia |
100 |
persen |
|
100 |
persen |
100 |
persen |
100% |
100 |
persen |
100 |
persen |
31.75% |
|
7.01.01.2.05.02 |
Pengadaan Pakaian Dinas Beserta Atribut Kelengkapannya |
Jumlah Paket Pakaian Dinas beserta Atribut Kelengkapan |
210 |
stel |
|
210 |
stel |
210 |
stell |
100% |
190 |
stel |
190 |
stel |
31.75% |
|
7.01.01.2.06 |
Administrasi Umum Perangkat Daerah |
Jumlah Kegiatan yang mendukung Administrasi Umum |
12 |
bulan |
|
12 |
bulan |
12 |
bulan |
100% |
12 |
bulan |
6 |
bulan |
22,08% |
|
7.01.01.2.06.01 |
Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor |
Jumlah Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor yang tersedia |
22 |
jenis |
|
22 |
jenis |
22 |
jenis |
100% |
30 |
jenis |
15 |
jenis |
20,79% |
|
7.01.01.2.06.03 |
Penyediaan Peralatan Rumah Tangga |
Jumlah Peralatan Rumah Tangga Yang Tersedia |
16 |
jenis |
|
16 |
jenis |
16 |
jenis |
100% |
16 |
jenis |
10 |
jenis |
25% |
|
7.01.01.2.06.04 |
Penyediaan Bahan Logistik Kantor |
Penyediaan jumlah kebutuhan logistik kantor yang tersedia |
17 |
jenis |
|
17 |
jenis |
17 |
jenis |
100% |
12 |
jenis |
6 |
jenis |
25% |
|
7.01.01.2.06.05 |
Penyediaan Barang Cetakan Dan Penggandaan |
Jumlah ketersediaan kebutuhan barang cetakan dan penggandaan |
7 |
jenis |
|
7 |
jenis |
7 |
jenis |
100% |
7 |
jenis |
3 |
jenis |
25% |
|
7.01.01.2.06.08 |
Fasilitasi Kunjungan Tamu |
Tersedianya makanan dan minuman tamu |
1 |
tahun |
|
0 |
kotak |
0 |
kotak |
0% |
680 |
kotak |
200 |
kotak |
20% |
|
7.01.01.2.06.09 |
Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Dan Konsultasi SKPD |
Jumlah Tersedianya makanan dan minuman rapat |
1 |
tahun |
|
1850 |
kotak |
1850 |
kotak |
100% |
1257 |
kotak |
628 |
kotak |
16,67% |
|
7.01.01.2.08 |
Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah |
Terpenuhinya ketersediaan barang milik daerah guna menunjang urusan pemerintahan daerah pada perangkat daerah |
100 |
persen |
|
100 |
persen |
100 |
persen |
100% |
100 |
persen |
75 |
persen |
44,93% |
|
7.01.01.2.07.05 |
Pengadaan Mebel |
Tersedianya Mebeleur |
3 |
jenis |
|
3 |
jenis |
3 |
jenis |
100% |
2 |
jenis |
0 |
jenis |
33,33% |
|
7.01.01.2.07.06 |
Pengadaan Peralatan Dan Mesin Lainnya |
Tersedianya Peralatan Dan Mesin Lainnya |
11 |
jenis |
|
11 |
jenis |
9 |
jenis |
81,82% |
12 |
jenis |
4 |
jenis |
56,52% |
|
7.01.01.2.08 |
Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah
|
Terpenuhinya ketersediaan dukungan administrasi umum guna kelancaran penyelenggaraan urusan pemerintah daerah terkait |
100 |
persen |
|
100 |
persen |
100 |
persen |
100% |
100 |
persen |
51,72 |
persen |
17,65% |
|
7.01.01.2.08.02 |
Penyediaan Jasa Komunikasi. Sumber Daya Air Dan Listrik |
Tersedianya Jasa Komunikasi. Sumber Daya Air Dan Listrik |
168 |
rekening |
|
168 |
rekening |
168 |
rekening |
100% |
168 |
rekening |
84 |
rekening |
13.07% |
|
7.01.01.2.08.04 |
Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor |
Jumlah tenaga jasa pelayanan umum yang tersedia |
6 |
orang |
|
6 |
orang |
6 |
orang |
100% |
6 |
orang |
6 |
orang |
22,22% |
|
7.01.01.2.09 |
Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah |
Pesentase Cakupan Layanan Pemeliharaan Bmd Penunjang Urusan Pemerintah Daerah |
100 |
persen |
|
100 |
persen |
100 |
persen |
100% |
100 |
persen |
50 |
persen |
25% |
|
7.01.01.2.09.02 |
Penyediaan Jasa Pemeliharaan. Biaya Pemeliharaan. Pajak. Dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional Atau Lapangan |
Terlaksananya Pemeliharaan Kendaraan Dinas/Operasional |
12 |
bulan |
|
12 |
bulan |
12 |
bulan |
100% |
12 |
bulan |
6 |
bulan |
25% |
|
7.01.01.2.09.06 |
Pemeliharaan Peralatan Dan Mesin Lainnya |
Terlaksananya Pemeliharaan Peralatan Dan Mesin Lainnya |
12 |
bulan |
|
12 |
bulan |
12 |
bulan |
100% |
12 |
bulan |
6 |
bulan |
25% |
|
7.01.01.2.09.09 |
Pemeliharaan/Rehabilitasi Gedung Kantor Dan Bangunan Lainnya |
Terlaksananya Pemeliharaan/Rehabilitasi Gedung Kantor Dan Bangunan Lainnya |
12 |
bulan |
|
12 |
bulan |
12 |
bulan |
100% |
12 |
bulan |
6 |
bulan |
25% |
|
7.01.02 |
Program Penyelenggaraan Pemerintahan Dan Pelayanan Publik |
Cakupan Penyelenggaraan Pemerintahan Dan Pelayanan Publik |
70 |
persen |
|
70 |
persen |
70 |
persen |
100% |
80 |
persen |
46 |
persen |
16.23% |
|
7.01.02.2.01 |
Koordinasi Penyelenggaraan Kegiatan Pemerintahan Di Tingkat Kecamatan |
Jumlah Laporan Koordinasi Penyelenggaraan Kegiatan Pemerintahan Di Tingkat Kecamatan |
1 |
Laporan |
|
1 |
Laporan |
1 |
Laporan |
100% |
1 |
Laporan |
- |
Laporan |
14.54% |
|
7.01.02.2.01.02 |
Peningkatan Efektifitas Kegiatan Pemerintahan Di Tingkat Kecamatan |
Tersedianya Laporan Peningkatan Efektifitas Kegiatan Pemerintahan Di Tingkat Kecamatan |
1 |
Laporan |
|
1 |
Laporan |
1 |
Laporan |
100% |
1 |
Laporan |
- |
Laporan |
15.61% |
|
7.01.02.2.02 |
Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Yang Tidak Dilaksanakan Oleh Unit Kerja Perangkat Daerah Yang Ada Di Kecamatan |
Jumlah Layanan Kependudukan Yang Dilayani |
20000 |
layanan |
|
20000 |
layanan |
20000 |
layanan |
100% |
22000 |
layanan |
11000 |
layanan |
20,84% |
|
7.01.02.2.02.02 |
Fasilitasi Percepatan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Di Wilayah Kecamatan |
Jumlah Pengadaan Fasilitasi Percepatan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Di Wilayah Kecamatan |
1 |
unit |
|
1 |
unit |
1 |
unit |
100% |
2 |
unit |
0 |
unit |
16,67% |
|
7.01.02.2.02.03 |
Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Wilayah Kecamatan |
Persentase Layanan Kependudukan Yang Difasilitasi Oleh Kepala Lingkungan |
100 |
persen |
|
100 |
persen |
100 |
persen |
100% |
100 |
persen |
50 |
persen |
25% |
|
7.01.02.2.03 |
Koordinasi Pemeliharaan Prasarana Dan Sarana Pelayanan Umum |
Capaian Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana |
80 |
persen |
|
80 |
persen |
80 |
persen |
100% |
85 |
persen |
50 |
persen |
15,38% |
|
7.01.02.2.02.01 |
Koordinasi/Sinergi Dengan Perangkat Daerah Dan/Atau Instansi Vertikal Yang Terkait Dalam Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pelayanan Umum |
jumlah tenaga pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum |
40 |
orang |
|
40 |
orang |
40 |
orang |
100% |
40 |
orang |
40 |
orang |
15,38% |
|
7.01.03 |
Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Kelurahan |
Capaian Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Kelurahan |
70 |
persen |
|
70 |
persen |
70 |
persen |
100% |
80 |
persen |
50 |
persen |
33,33% |
|
7.01.03.2.02 |
Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan |
Jumlah Kegiatan Pembangunan Sarana Prasarana dan Pemberdayaan Masyarakat |
48 |
kegiatan |
|
48 |
kegiatan |
48 |
kegiatan |
100% |
60 |
kegiatan |
35 |
kegiatan |
33,33% |
|
7.01.03.2.02.01 |
Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Kelurahan |
Jumlah Usulan Yang Diakomodir Dalam Musrenbang Kelurahan |
60 |
usulan |
|
60 |
usulan |
60 |
usulan |
100% |
60 |
usulan |
60 |
usulan |
33,33% |
|
7.01.03.2.02.02 |
Pembangunan Sarana Dan Prasarana Kelurahan |
Terlaksananya Pembangunan Sarana Dan Prasarana Kelurahan |
6 |
kelurahan |
|
6 |
kelurahan |
6 |
kelurahan |
100% |
6 |
kelurahan |
6 |
kelurahan |
33,33% |
|
7.01.03.2.02.03 |
Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan |
Terlaksananya Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan |
6 |
kelurahan |
|
6 |
kelurahan |
6 |
kelurahan |
100% |
6 |
kelurahan |
6 |
kelurahan |
33,33% |
|
7.01.04 |
Program Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum |
Capaian Target Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum |
70 |
persen |
|
70 |
persen |
70 |
persen |
100% |
80 |
persen |
46 |
persen |
22,92% |
|
7.01.05.2.01 |
Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum Sesuai Penugasan Kepala Daerah |
Jumlah pembinaan kerukunan dan persatuan kesatuan bangsa |
4 |
Kali |
|
4 |
kalo |
4 |
kali |
100% |
4 |
kali |
4 |
kali |
22,92% |
|
7.01.05.2.01.03 |
Pembinaan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa |
Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa |
12 |
bulan |
|
12 |
bulan |
12 |
bulan |
100% |
12 |
bulan |
6 |
bulan |
25% |
|
7.01.05.2.01.04 |
Pembinaan Kerukunan Antarsuku Dan Intrasuku. Umat Beragama. Ras. Dan Golongan Lainnya Guna Mewujudkan Stabilitas Keamanan Lokal. Regional. Dan Nasional |
Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Kerukunan Antarsuku Dan Intrasuku. Umat Beragama. Ras. Dan Golongan Lainnya Guna Mewujudkan Stabilitas Keamanan Lokal. Regional. Dan Nasional |
12 |
bulan |
|
12 |
bulan |
12 |
bulan |
100% |
12 |
bulan |
3 |
Bulan |
20,83% |
|
7.01.05 |
Program Pembinaan Dan Pengawasan Pemerintah Desa |
Capaian Target Penyelenggaraan Ketentraman Dan Ketertiban Di Kecamatan |
70 |
persen |
|
70 |
persen |
70 |
persen |
100% |
80 |
persen |
50 |
persen |
25% |
|
7.01.05.2.01 |
Fasilitasi. Rekomendasi Dan Koordinasi Pembinaan Dan Pengawasan Pemerintahan Desa |
Jumlah Fasilitasi, Rekomendasi dan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pemerintahan Desa |
12 |
bulan |
|
12 |
bulan |
12 |
bulan |
100% |
12 |
bulan |
6 |
Bulan |
25% |
|
7.01.05.2.01.11 |
Fasilitasi Penyelenggaraan Ketenteraman Dan Ketertiban Umum |
Jumlah Pelaksanaan Kegiatan Penertiban/Posko Gangguan Keamanan Dan Ketertiban |
36 |
kali |
|
36 |
kali |
36 |
kali |
100% |
36 |
kali |
18 |
Kali |
25% |
|
Note: * Realisasi sampai dengan triwulan kedua
2.2. Analisis Kinerja Pelayanan Kecamatan Medan Johor
Pengukuran Kinerja Kegiatan dan Pengukuran Kinerja Sasaran dilakukan melalui Penetapan Indikator Kinerja yaitu ukuran kuantitaf dan kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian suatu kegiatan yang telah ditetapkan. Indikator kinerja kegiatan meliputi indikator masukan (input), keluaran (output), hasil (outcome), manfaat (benefit) dan dampak (impact). Indikator – indikator tersebut dapat berupa dana, sumber daya manusia, laporan, dan indikator lainnya. Penetapan indikator kinerja ini diikuti dengan penetapan besaran indikator kinerja untuk masing – masing jenis indikator yang telah ditetapkan.
Selanjutnya dilakukan Analisis Capaian Kinerja atas Sasaran yang didasarkan atas hasil pengukuran capaian kinerja kegiatan dalam sasaran tersebut. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan Indikator Kinerja Utama. Pengukuran ini dilakukan dengan memanfaatkan data kinerja.
Kecamatan Medan Johor sebagai salah satu Perangkat Daerah yang dalam pelaksanaan tugasnya berurusan dengan aspek pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan administrasi Pemerintah Kecamatan. Oleh karenanya capaian kinerja pelayanannya lebih banyak dianalisis dari sudut pandang tugas pokok dan fungsi Kecamatan dan juga indikator kinerja output yang dihasilkan dari program dan kegiatan yang telah dilaksanakan (Tabel TC 30).
|