Senin, 11 September 2023, 03:35:52 | Dibaca: 267
A.3.17 Kecamatan Medan Johor
A.3.17.1 Capaian Pelaksanaan Program Kegiatan
A.3.17.1.1 Capaian Kinerja Program Sesuai Dengan Target Kinerja Yang Ditetapkan Dalam Perjanjian Kerja
No |
Urusan Pemerintahan |
OPD Pelaksana |
Kebijakan
|
Uraian Program/Kegiatan |
Target |
Realisasi |
Permasalahan |
Upaya Mengatasi Permasalahan |
TindakLanjut Rekomendasi DPRD |
[1] |
[2] |
[3] |
[4] |
[5] |
[6] |
[7] |
[8] |
[9] |
[10] |
52 |
Fungsi Penunjang Administrasi Pemerintahan
|
Kecamatan Medan Johor |
Peraturan Walokota Medan Nomor 64 Tahun 2021 Tanggal 29 Desember 2021 Tentang Kebijakan dan Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Medan Tahun Anggaran 2022. |
|
85% |
82% |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
85% |
76,5% |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
|
85 %
|
80 %
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
|
|
85 %
|
73%
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
Tidak ada |
|
|
|
|
|
85 %
|
82 %
|
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
1.2.1 Fasilitasi Percepatan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal di wilayah Kecamatan
|
85 %
|
80 %
|
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
1.2.2 Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di wilayah Kecamatan |
85 %
|
84 %
|
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Tidak ada |
|
|
|
Peraturan Walikota Medan Nomor 65 Tahun 2021 tanggal 30 Desember 2021 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Medan Tahun Anggaran 2022. |
1.3 Koordinasi Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Pelayanan Umum
|
85% |
84% |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
|
|
|
1.3.1 Koordinasi/ Sinergi dengan Perangkat Daerah dan/atau Instansi Vertikal yang terkait dalam Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pelayanan Umum
|
85% |
84% |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
|
|
|
|
Peraturan WaliKota Nomor 18 Tahun 2021 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Pengelolaan Persampahan Kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Peraturan WaliKota Nomor 18 Tahun 2021 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Pengelolaan Persampahan Kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kota Medan |
1.4 Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang Dilimpahkan Kepada Camat
|
85% |
85% |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
|
|
|
1.4.1 Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang terkait dengan Kewenangan Lain yang Dilimpahkan |
85% - 45816 WRS |
85% - 45816 WRS |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
|
|
|
|
Peraturan Wali Kota Medan Nomor 6 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Medan Nomor 44 Tahun 2021 tentang Penjabaran dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kewenangan Camat dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan |
|
85 % |
83 % |
Masih sangat dibutuhkan komitmen dan peningkatan kompetensi SDM |
Pelatihan Coaching/peningkatan Kompetensi SDM |
Tidak Ada |
|
|
|
2.1 Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan |
85 % |
83 % |
Masih sangat dibutuhkan komitmen dan peningkatan kompetensi SDM |
Pelatihan Coaching/peningkatan Kompetensi SDM |
Tidak ada |
|
|
|
|
2.1.1 Peningkatan Partisipasi masyarakat dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan |
85 % |
81,5% |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
|
|
|
|
2.1.2 Pembangunan sarana dan prasarana Kelurahan |
85 % |
83%
|
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
|
85 % |
85% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
Peraturan Walikota Medan Nomor 62 Tahun 2020 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Kecamatan dan Kelurahan |
|
85 % |
82% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
85% |
82% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
|
85% |
82% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
|
|
85% |
80% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
85% |
80% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
|
85% |
80 % |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
4.1.1.1 Porkot |
85% |
85% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
4.1.1.2 Peningkatan Kesegaran Jasmani |
85% |
75% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
4.1.2 Pembinaan Kerukunan Antar Suku dan intra suku, umat beragama, Ras dan golongan lainnya guna mewujudkan Stabilitas Kemanan |
85% |
80% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
|
|
|
|
4.1.2.1 Acara MTQ
|
85% |
65% |
Adanya pembatasan aktivitas akibat pandemic Covid-19
|
Pelatihan Coaching/peningkatan Kompetensi SDM |
Tidak ada
|
|
|
|
|
4.1.2.2 Acara Berbuka Puasa Bersama |
85% |
85% |
Tidak ada |
Tidak ada
|
Tidak ada
|
|
|
|
|
4.1.2.3 Acara Halal Bi halal |
85% |
85% |
Tidak ada |
Tidak ada
|
Tidak ada
|
|
|
|
|
4.1.2.4 Perayaan HUT RI |
85% |
85% |
Tidak ada |
Tidak ada |
Tidak ada |
A.3.17.1.2 Capaian Kinerja Keluaran Masing-Masing Kegiatan Sesuai Dengan Target Dalam Dokumen Anggaran Dan Masalah Yang Dihadapi Serta Solusi Pemecahannya
No. |
Program/ Kegiatan |
Target |
Realisasi |
Capaian kinerja |
Kategori |
[1] |
[2] |
[3] |
[4] |
[5] |
[6] |
A. |
Program Penyelenggaraan Pemerintahan Dan Pelayanan Publik |
85% |
82% |
96% |
Sangat Berhasil |
1. |
Koordinasi Penyelenggaraan Kegiatan Pemerintahan di Tingkat Kecamatan |
85% |
76,5% |
90% |
Sangat Berhasil |
|
Koordinasi/ Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Kegiatan Pemerintahan dengan Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Terkait
|
85% |
80 %
|
94% |
Sangat Berhasil |
|
Peningkatan Efektifitas Kegiatan Pemerintahan di Tingkat Kecamatan |
85% |
73%
|
86% |
Berhasil |
2. |
Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang tidak Dilaksanakan oleh Unit Kerja Perangkat Daerah yang Ada di Kecamatan |
85% |
82 %
|
96,5% |
Sangat Berhasil |
2.1. |
Fasilitasi percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayah Kecamatan |
85% |
80 %
|
94% |
Sangat Berhasil |
2.2. |
Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan |
85% |
84 %
|
99% |
Sangat Berhasil |
3. |
Koordinasi Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Pelayanan Umum |
85% |
84% |
99% |
Berhasil |
3.1. |
Koordinasi/Sinergi dengan Perangkat Daerah dan/atau Instansi Vertikal yang terkait dalam Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pelayanan Umum |
85% |
84% |
99% |
Berhasil |
4. |
Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang Dilimpahkan kepada Camat |
85% |
85% |
100% |
Sangat Berhasil |
4.1. |
Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang terkait dengan Kewenangan Lain yang Dilimpahkan |
85% |
85%
|
100% |
Sangat Berhasil |
B. |
Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Kelurahan |
85% |
83 % |
98% |
Sangat Berhasil |
1. |
Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan |
85% |
83 % |
98% |
Sangat Berhasil |
1.1. |
Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan |
85% |
81,5% |
96 % |
Sangat Berhasil |
1.2. |
Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan |
85% |
83%
|
98% |
Sangat Berhasil |
1.3. |
Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan |
85% |
85% |
100% |
Sangat Berhasil |
C. |
Program Pembinaan Dan Pengawasan Pemerintahan Desa |
85% |
82% |
96,4% |
Sangat Berhasil |
1. |
Fasilitasi, Rekomendasi dan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pemerintahan Desa |
85% |
82% |
96,4% |
Sangat Berhasil |
1.1. |
Fasilitasi Penyelenggaraan Ketenteraman dan Ketertiban Umum |
85% |
82% |
96,4% |
Sangat Berhasil |
D. |
Program Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum |
85% |
80% |
94% |
Sangat Berhasil |
1. |
Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum sesuai Penugasan Kepala Daerah |
85% |
80% |
94% |
Sangat Berhasil |
1.1. |
Pembinaan Persatuan dan Kesatuan Bangsa |
85% |
80% |
94% |
Sangat Berhasil |
1.2. |
Pembinaan Kerukunan Antarsuku dan Intrasuku, Umat Beragama, Ras, dan Golongan Lainnya Guna mewujudkan Stabilitas Keamanan Lokal, Regional, dan Nasional |
85% |
80% |
94% |
Sangat Berhasil |
Pengukuran capaian kinerja Kecamatan Medan Johor dilakukan dengan cara membandingkan antara target dengan realisasi masing-masing indikator kinerja sasaran yang merupakan Indikator Kinerja Perjanjian Kinerja sampai dengan akhir tahun 2022, realisasi kinerja Kecamatan Medan Johor adalah sebagai berikut:
No. |
Sasaran strategis |
Indikator kinerja |
Target |
Realisasi |
Capaian kinerja |
|
Ordinal |
Predikat |
|||||
[1] |
[2] |
[3] |
[4] |
[5] |
[6] |
[7] |
1. |
Meningkatnya kinerja pelayanan Kecamatan dan Kelurahan |
Persentase Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di Kecamatan |
85% |
82 % |
96 |
Sangat Berhasil |
Persentase Capaian Pemberdayaan Masyarakat |
85% |
83% |
98 |
Berhasil |
||
2 |
Meningkatnya Penyelenggaraan ketentraman dan Ketertiban Umum Serta Pemerintahan Umum
|
Persentase Permasalahan dan Pengaduan Sosial yang Ditangani |
85% |
81% |
95 |
Sangat Berhasil |
|
|
Penurunan Permasalahan dan Pengaduan Sosial yang Ditangani
|
25 kasus |
23 kasus |
92 |
Sangat Berhasil |
|
|
Rata-Rata Capaian Kinerja |
95,2% |
95 |
Sangat Berhasil |
Untuk melihat persentase capaian kinerja dari Kecamatan Medan Johor dapat dilihat dari perbandingan antara target dan realisasi, maka dapat diperoleh rata-rata persentase capaian kinerja tersebut dengan cara sebagai berikut:
Rata – Rata % Capaian Kinerja Kegiatan = Total Jlh % Indikator Kinerja
Jlh Indikator Kinerja
Sesuai dengan pedoman penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang dikeluarkan LAN (SK Kepala LAN Nomor 589/IX/6/Y/99), digunakan skala pengukuran ordinal.
Dari hasil analisa dan rekapitulasi hasil capaian kinerja Kecamatan Medan Johor berdasarkan pedoman penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang dikeluarkan LAN (SK Kepala LAN Nomor 589/IX/6/Y/99) sebagai skala pengukuran ordinal diperoleh sebesar 95 dengan kategori “Sangat Berhasil” walaupun ada kegiatan pada Program prioritas pada tahun 2022 yang tidak terlaksana dikarenakan masih kondisi pandemi Covid-19 pada awal tahun, kurangnya kualitas SDM dan keterbatasan waktu dalam melaksanakan kegiatan.
Dapat disampaikan bahwa permasalahan utama dalam penyelenggaraan program dan kegiatan di Kecamatan Medan Johor selama tahun 2022 dapat diuraikan sebagai berikut:
Solusi yang dapat dilakukan mengatasi masala-masalah pembangunan tersebut diambil langkah-langkah pokok sebagai berikut:
A.3.17.1.3. Analisa Kesesuaian Antara Kegiatan Dengan Target Kinerja Program Yang Sudah Ditetapkan Dalam Perjanjian Kerja
Analisa kesesuaian antara kegiatan dengan target kinerja program diuraikan menurut indikator sesuai Sasaran Strategis Kecamatan Medan Johor seperti yang tertera dalam perjanjian kinerja dapat dijelaskan sebagai berikut:
2.1 Fasilitasi percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayah Kecamatan dengan realisasi 80% dan capaian (94%). Capaian ini diperoleh dari capaian anggaran dan jumlah pengadaan fasilitas percepatan pencapaian Standar Pelayanan Minimal dan jumlah laporan.
2.2. Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan target dengan realisasi 84% dan Capaian (99%). Capaian kegiatan ini diperoleh dari capaian anggaran, jumlah tersedianya Kepala Lingkungan sebanyak 81 orang dan jumlah laporan peningkatan efektifitas pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di wilayah kecamatan.
3. Koordinasi Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Pelayanan Umum dengan realisasi 84% dan capaian (84%) yang terdiri dari :
3.1 Sub Kegiatan Koordinasi/Sinergi dengan Perangkat Daerah dan/atau Instansi Vertikal yang terkait dalam Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pelayanan Umum dengan realisasi (84%) dengan capaian 99%. Capaian ini diperoleh dari capaian jumlah pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum (pengorekan parit) sepanjang 12867 meter.
4. Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang Dilimpahkan kepada Camat dan realisasi 85% dan Capaian 100%. Kegiatan ini terdiri dari Sub Kegiatan Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang terkait dengan Kewenangan Lain yang Dilimpahkan dengan realisasi 85% dan capaian 100%. Sub kegiatan ini terkait dalam Jumlah WRS yang dilayani sebanyak 45816 WRS dari jumlah total target WRS sebanyak 45816 WRS. Sehingga capaian kegiatan ini sebesar 100%.
Maka, dapat dikatakan bahwa pelaksanan program/kegiatan dan sub kegiatan Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik dengan capaian 96 % relatif “sudah sesuai” dengan target kinerja yang sudah ditetapkan dalam perjanjian kerja Kecamatan Medan Johor dengan predikat “Sangat Berhasil”.
Terdiri dari 1 (satu) program yaitu Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan dengan realisasi 83% dan capaiannya 98. Program ini terdiri dari satu Kegiatan yaitu : Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan dengan realisasi 83% dan Capaian 98 % dan tiga Sub Kegiatan yaitu:
Maka, dapat dikatakan bahwa indikator Kinerja Perentase Capaian Pemberdayaan Masayarkat Kecamatan Medan Johor dengan realisasi capaian ordinal 98 dengan variabel pengukuran pada Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan dapat dinyatakan relatif “sudah sesuai” dengan target kinerja yang sudah ditetapkan dalam perjanjian kerja Kecamatan Medan Johor Tahun 2022 dengan predikat “Sangat Berhasil”
Sasaran Strategis Meningkatnya Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum Serta Pemerintahan Umum, seperti yang tertera dalam Perjanjian Kinerja terdiri dari 2 (dua) Indikator Kinerja adalah sebagai berikut :
Maka, dapat dikatakan bahwa indikator Kinerja Persentase permasalahan/pengaduan/konflik sosial yang ditangani dengan realisasi capaian ordinal 94 dengan variabel pengukuran pada Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan dapat dinyatakan relatif “sudah sesuai” dengan target kinerja yang sudah ditetapkan dalam perjanjian kerja Kecamatan Medan Johor Tahun 2022 dengan predikat “Sangat Berhasil”.
Pada Indikator kinerja ini didapat dari jumlah penurunan jumlah aduan yang masuk ke Kecamatan dengan target 25 kasus dan realisasi jumlah aduan sebanyak 23 kasus. Sehingga dapat dikatakan jumlah kasus aduan menurun sebanyak 92%. Dari penjabaran diatas dapat dikatakan bahwa proram/kegiatan dan sub kegiatan pada Indikator Kinerja Persentase Permasalahan /Pengaduan /Konflik Sosial yang ditangani dan Indikator Penurunan Jumlah Gangguan Ketentraman dan Ketertiban di Kecamatan Medan Johor sudah relative “sesuai” dengan Sasaran Strategis Meningkatnya Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Pemerintahan Umum dengan predikat “Sangat Berhasil”.
A.3.17.1.4 Kebijakan Strategis yang ditetapkan
Kebijakan yang diambil meliputi peraturan Kepala Daerah dan keputusan atau tindakan Kepala Daerah dalam menyelesaikan masalah masyarakat yang strategis yang diambil dalam satu tahun anggaran. Laporan tentang kebijakan yang diambil oleh Kepala Daerah dituangkan dalam format sebagai berikut :
No |
Kebijakan Strategis |
Dasar Hukum |
Tujuan/ Masalah Yang Diselesaikan |
1 |
Pelaksanaan APBD Tahun 2022 |
Peraturan Wali Kota Medan Nomor 64 Tahun 2021 tanggal 29 Desember 2021 Tentang Kebijakan dan Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Medan Tahun Anggaran 2022. |
Petunjuk Pelaksanaan APBD Tahun 2022 |
2 |
Kedudukan, Tugas Dan Fungsi Kepala Lingkungan |
Peraturan Wali Kota Medan Nomor 51 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Tugas Dan Fungsi Kepala Lingkungan Di Kota Medan |
Dasar Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepala Lingkungan |
3 |
Pengangkatan Kembali dan Pergantian Tenaga Kontrak/PHL |
Surat Setda Kota Medan Nomor: 800/714 tanggal 25 januari 2022 tentang pengangkatan dan/atau pergantian tenaga kontrak/PHL pada Kecamatan Medan Johor Kota Medan Tahun 2022 |
Pengangkatan kembali dan pergantian tenaga kontrak/PHL pada Kecamatan Medan Johor Kota Medan |
4 |
Pelimpahan Sebagian Kewenangan Pengelolaan Persampahan Kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kota Medan |
Peraturan WaliKota Nomor 18 Tahun 2021 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Pengelolaan Persampahan Kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kota Medan |
Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kewenangan Camat dalam Pelaksanaan Pengelolaan Persampahan |
5 |
Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Dan Tata Kerja Perangkat Daerah |
Peraturan Walikota Medan Nomor 62 Tahun 2022 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Kecamatan dan Kelurahan |
Fungsi Kecamatan mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum |
6 |
Pelaksanaan Kewenangan Camat dalam Pelaksanaan Kegiatan Dana Kelurahan |
Peraturan Wali Kota Medan Nomor 6 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Medan Nomor 44 Tahun 2021 tentang Penjabaran dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kewenangan Camat dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan |
Petunjuk Teksis Pelaksanaan Kewenangan Camat dalam Pelaksanaan Kegiatan Dana Kelurahan |
7 |
Meningkatnya sinkronisasi dan Keselarasan Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah |
Peraturan Wali Kota Medan Nomor 65 Tahun 2021 tanggal 30 Desember 2021 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Medan Tahun Anggaran 2022.
|
Pelaksanaan Realisasi APBD Tahun 2022 |
3.3 Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD Tahun Anggaran Sebelumnya
Uraian mengenai kebijakan, program dan kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut terhadap rekomendasi DPRD yang diberikan pada tahun anggaran sebelumnya. Laporan tentang tindak lanjut pemerintah daerah terhadap rekomendasi DPRD yang diberikan pada tahun anggaran sebelumnya dituangkan dalam format sebagai berikut :
No |
Rekomendasi DPRD Tahun N-1 |
Tindak Lanjut |
Tujuan/ Masalah Yang Diselesaikan |
|
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Tidak Ada |
Medan, Februari 2023
Mengetahui,
CAMAT MEDAN JOHOR
CHANDRA DALIMUNTHE, S.STP, MSP
PEMBINA TINGKAT I
NIP. 19810816 200012 1 005