Senin, 11 September 2023, 03:45:23 | Dibaca: 458
Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Kecamatan Medan Johor Kota MedanTahun 2022.
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, maka Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menyampaikan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah setelah anggaran berakhir.
Laporan kinerja yang disusun merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada instansi pemerintah atas penggunaan anggaran, serta bertujuan untuk memberikan informasi kinerja yang telah dan seharusnya dicapai dan bahan evaluasi sebagai upaya perbaikan berkesinambungan untuk peningkatan kinerja di masa mendatang.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan masukan dan saran yang membangun dari semua pihak demi kesempurnaan penyusunan laporan selanjutnya. Semoga Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) yang telah disusun ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.
Medan, Januari 2023
CAMAT MEDAN JOHOR
CHANDRA DALIMUNTHE, SSTP, MSP PEMBINA TK-I
NIP. 19810816 200012 1005
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................... i
DAFTAR ISI................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN................................................ 1
BAB II PERENCANAAN KINERJA............................... 4
BAB III AKUNTABILITAS KINERJA............................ 6
BAB IV PENUTUP.................................................... 33
Sistem laporan kinerja instansi pemerintah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelaksanaan pemerintahan yang lebih berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggung jawab serta berorientasi kepada hasil (result oriented governement). Sedangkan untuk mengetahui tingkat akuntabilitas perlu adanya Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP). Instansi yang wajib menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) adalah Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi/ Kabupaten/ Kota, Unit Organisasi Eselon I pada Kementerian/Lembaga, Satuan Kerja Perangkat Daerah, dan unit kerja mandiri yang mengelola anggaran tersendiri dan/ atau unit yang ditentukan oleh pimpinan instansi masing-masing.
Sesuai dengan siklusnya, setelah selesai pelaksanaan tahun anggaran 2022, pemerintah daerah menyusun LKjIP 2022 yang merupakan laporan kinerja tahunan yang berisi pertanggung jawaban kinerja suatu instansi dalam mencapai tujuan/sasaran strategis instansi. LKjIP berisi ikhtisar pencapaian sasaran sebagaimana yang ditetapkan dalam dokumen penetapan kinerja dan dokumen perencanaan.
Dokumen LKjIP bukan dokumen yang berdiri sendiri, namun terkait dengan dokumen lain yaitu Indikator Kinerja Utama (IKU), RPJMD/Renstra SKPD, RKPD/Renja SKPD, Penetapan Kinerja (Tapkin), dan Rencana Kinerja Tahunan (RKT). Tujuan penyusunan LKjIP adalah menyajikan pertanggungjawaban kinerja instansi pemerintah Kecamatan Medan Johor dalam mencapai sasaran strategis instansi sebagaimana telah ditetapkan dalam dokumen Penetapan Kinerja diawal tahun anggaran. Dokumen LKjIP ini dapat digunakan sebagai :
B. TUGAS, FUNGSI DAN STRUKTUR ORGANISASI
Tugas dan Fungsi SKPD Kecamatan Medan Johor adalah sesuai dengan Peraturan Walikota Medan No.19 tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, dan Tata Kerja Perangkat Daerah : Bab 4 Pasal 102. Kecamatan dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat dan kelurahan.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat(2), Camat mempunyai tugas :
Tahun 2016 tanggal 15 Juni 2016 tentang Perangkat Daerah dan Peraturan Walikota Medan Nomor 1 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan adalah sebagai berikut:
BAGAN SUSUNAN ORGANISASI KECAMATAN
CAMAT |
SEKRETARIAT |
KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL |
SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM |
: Garis Komando |
SEKSI SARANA DAN PRASARANA |
SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL |
SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT |
SEKSI TATA PEMERINTAHAN |
SUBBAG KEUANGAN DAN PENYUSUNAN PROGRAM |
SUB BAGIAN UMUM |
: Garis Koordinasi Komposisi :
Camat : 1 Orang Sekretaris Camat : 1 Orang Kepala Sub Bag : 2 Orang Kepala Seksi : 5 Orang
Pelaksana : 28 Orang
Sedangkan uraian tugas dan fungsi masing-masing organisasi kecamatan berdasarkan Peraturan Walikota Medan Nomor 53 Tahun 2018 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Kecamatan dan Kelurahan adalah :
Sekretariat pada Kecamatan dipimpin oleh Sekretaris, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.
Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Camat lingkup kesekretariatan yang meliputi pengelolaan administrasi umum, keuangan, dan
penyusunan program serta fasilitasi pengoordinasian penyusunan kebijakan dan pelaksanaan tugas Kecamatan.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris menyelenggarakan fungsi:
Sub Bagian Umum dipimpin oleh Kepala Sub Bagian, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris. Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Sekretaris lingkup administrasi umum.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Sub Bagian Umum menyelenggarakan fungsi:
perundang-undangan untuk terbangunnya pelayanan yang transparan dan akuntabel;
Sub Bagian Keuangan dan Penyusunan Program dipimpin oleh Kepala Sub Bagian, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris. Kepala Sub Bagian Keuangan Dan Penyusunan Program mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Sekretaris lingkup pengelolaan administrasi keuangan dan penyusunan program.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Sub Bagian Keuangan Dan Penyusunan Program menyelenggarakan fungsi:
pengusulan, verifikasi, dan pelaporan berdasarkan atas peraturan perundang- undangan;
Seksi Tata Pemerintahan dipimpin oleh Kepala Seksi, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris. Kepala Seksi Tata Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Camat lingkup tata pemerintahan.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Tata Pemerintahan menyelenggarakan fungsi:
m.Penyampaian laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan; dan
n. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Camat terkait dengan tugas dan fungsinya.
Seksi Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat dipimpin oleh Kepala Seksi, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris. Kepala Seksi Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Camat lingkup pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat menyelenggarakan fungsi:
Seksi Ketenteraman Dan Ketertiban Umum dipimpin oleh Kepala Seksi, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris. Kepala Seksi Ketenteraman Dan Ketertiban Umum mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Camat lingkup ketenteraman dan ketertiban umum.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Ketenteraman Dan Ketertiban Umum menyelenggarakan fungsi:
Seksi Kesejahteraan Sosial dipimpin oleh Kepala Seksi, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris. Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Camat lingkup kesejahteraan sosial.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial menyelenggarakan fungsi:
Seksi Sarana Dan Prasarana Wilayah dipimpin oleh Kepala Seksi, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris. Kepala Seksi Sarana Dan Prasarana Wilayah mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Camat lingkup sarana dan prasarana wilayah.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Sarana Dan Prasarana Wilayah menyelenggarakan fungsi:
m.Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Camat terkait dengan tugas dan fungsinya.
C. ISU STRATEGIS (STRATEGI ISSUED)
Walaupun berbagai keluaran (Output) dan hasil (Outcome) yang dicapai selama tahun 2022 cukup baik, namun penyelenggaraan urusan perencanaan pembangunan tetap masih memiliki permasalahan dan tantangan yang cukup kompleks.
Adapun permasalahan dan tantangan utama penyelenggaraan perencanaan pembangunan selama tahun 2022 dapat disajikan sebagai berikut :
D. SISTEMATIKA PENYAJIAN
Kata pengantar Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
BAB II PERENCANAAN KINERJA
Indikator Kinerja adalah ukuran keberhasilan yang spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan, pada suatu kurun waktu tertentu, yang menggambarkan terwujudnya kinerja, tercapainya hasil program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh intansi pemerintah.
Sedangkan Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah merupakan ukuran keberhasilan yang menggambarkan kinerja utama instansi pemerintah sesuai dengan tugas, fungsi, dan mandat (core business) yang diembannya. Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut :
Perjanjian Kinerja adalah lembar/dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program/kegiatan yang dsertai dengan indikator kinerja. Perjanjian kinerja merupakan perwujudan komitmen dan kesepakatan atas kinerja terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi, dan wewenang serta sumber daya yang tersedia sehingga terjadi kesinambungan kinerja setiap tahunnya.
Dasar Penetapan Kinerja adalah Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Penetapan Kinerja (Tapkin) berupa program/kegiatan yang dituangkan dalam DPA kemudian dibuatlah penetapan kinerja antara atasan dan bawahan untuk menentukan capaian target kinerja yang akan dilaksanakan selama tahun 2022.
Rencana Kinerja yang telah ditetapkan ini merupakan tolok ukur keberhasilan organisasi dan menjadi dasar penilaian dalam evaluasi akuntabilitas kinerja pada akhir tahun anggaran. Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang efektif, trasparan dan akuntabel, maka Kecamatan Medan Johor telah menyusun Penetapan Kinerja (Tapkin) Tahun 2022, adalah sebagai berikut :
PENETAPAN KINERJA
TINGKAT SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH SKPD : KECAMATAN MEDAN JOHOR
TAHUN ANGGARAN 2022
NO. |
Sasaran Strategis |
Indikator Kinerja |
Target |
1 |
Meningkatnya Kinerja Pelayanan Kecamatan dan Kelurahan |
Capaian Kinerja Pelayanan Publik |
100% |
Persentase Capaian Pemberdayaan Masyarakat |
100% |
||
3 |
Meningkatnya Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Pemerintahan Umum |
Persentase Permasalahan dan Pengaduan/Konflik Sosial yang ditangani |
100% |
|
|
Penurunan Jumlah Gangguan Ketentraman dan Ketertiban /Konflik |
25 kasus |
No |
Program |
APBD (Rp) |
P-APBD (Rp) |
1 |
Program Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik |
8.933.997.976 |
9.026.962.360 |
2 |
Program Pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa |
159.719.000 |
168.089.241 |
3 |
Program Pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan |
9.208.999.240 |
6.614.996.560 |
4 |
Program Penyelenggaraan urusan Pemerintahan Umum |
. 353.354.700 |
308.825.800 |
BAB III AKUNTABILITAS KINERJA
Pengukuran kinerja dimaksudkan untuk menilai keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis dan Rencana Kinerja Tahunan. Pengukuran kinerja mencakup penilaian indikator kinerja sasaran yang tertuang dalam formulir Pengukuran Kinerja (Form PK)
Pengukuran Kinerja didasarkan pada target dan realisasi dengan satuan pengukuran dalam bentuk prosentase, indek, rata-rata, angka dan jumlah. Prosentase pencapaian rencana tingkat capaian, dihitung dengan rumus bahwa semakin tinggi realisasi menggambarkan pencapaian rencana tingkat capaian yang semakin baik.
Penghitungan prosentase pencapaian rencana tingkat capaian (Formulir Pengukuran Kinerja), perlu memperhatikan karakteristik komponen realisasi, dalam kondisi :
Rencana Tingkat Capaian |
= |
Persentase Pencapaian Rencana |
x |
100% |
% Pencapaian Kinerja Capaian |
= |
Rencana – ( Realisasi – Rencana ) Rencana |
x |
100% |
Memperhatikan tupoksi, maka dalam menghitung pengukuran kinerja rumus yang digunakan adalah rumus 1 seperti tersebut diatas.
Selanjutnya atas hasil pengukuran kinerja, dilakukan evaluasi dan analisis kinerja untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan dan pencapaian sasaran strategi Kecamatan Medan Johor dan sebab-sebab tercapai dan tidaknya kenerja
yang diharapkan untuk mempermudah interpretasi atas pencapaian kinerja sasaran serta indikator sasaran.
Pengukuran tingkat capaian kinerja Kecamatan Medan Johor tahun 2022 dilakukan dengan cara membandingkan antara target dengan realisasinya. Penilaian pencapaian indikator sasaran menggunakan Penetapan Kinerja tahun 2022 yang diperbaharui sebagaimana dimuat dalam Bab II.
Tingkat capaian kinerja Kecamatan Medan Johor Tahun 2022 untuk seluruh indikator dapat diilustrasikan dalam tabel berikut.
Tabel : REALISASI RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT) KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN 2022
No |
Sasaran |
Program |
Kegiatan |
Sub Kegiatan |
Capaia n (%) |
|||||||||
Uraian |
Indikator Kinerja (Outcome) |
Target/ Satuan |
|
Uraian |
Indikator Kinerja Keluaran |
Target / Satua n |
Uraian |
Indikator Kinerja Keluaran |
Target/ Satuan |
Realisasi |
|
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
||
1 |
Meningkatnya kinerja Pelayanan Kecamatan dan Kelurahan |
Capaian Kinerja Pelayanan Publik |
100% |
Program Penyelenggar aan Pemerintahan dan Pelayanan Publik |
Penyelenggara an Urusan Pemerintahan yang tidak Dilaksanakan oleh Unit Kerja Perangkat Daerah yang ada di Kecamatan |
Jumlah Layanan kependudukan yang difasilitasi |
100% |
Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan |
Jumlah Kepala Lingkungan untuk Peningkatan Efektifitas Palaksanaan Pelayanan kepada masyarakat di wilayah kecamatan |
81 |
orang |
81 |
orang |
100% |
Fasilitasi Percepatan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal di wilayah Kecamatan |
Jumlah pengadaan Fasilitasi Percepatan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal di wilayah Kecamatan |
1 |
Doku men |
1 |
Doku men |
100% |
||||||||
|
|
|
Koordinasi Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Pelayanan Umum |
Capaian Pemeliharaan Sarana dan Prasarana |
100% |
Koordinasi/Sine rgi dengan Perangkat Daerah dan/atau Instansi Vertikal yang terkait dalam |
Jumlah Tenaga Pemeliharaan Sarana dan Prasarana |
40 |
orang |
40 |
orang |
100% |
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pelayanan Umum |
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
Koordinasi Penyelenggaraa n Kegiatan Pemerintahan di Tingkat Kemacatan |
Jumlah Koordinasi Penyelenggara an Kegiatan Pemerintahan di tingkat Kecamatan |
100% |
Koordinasi/Sine rgi Perencanaan dan Pelaksanaan Kegiatan Pemerintahan dengan Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal terkait |
Persentase Jumlah peserta musrenbang tingkat kecamatan |
100 |
orang |
100 |
orang |
100% |
Peningkatan Efektifitas Kegiatan Pemerintahan di tingkat Kecamatan |
Jumlah Kegiatan yang mendukung Peningkatan Efektifitas Kegiatan Pemerintahan Tingkat Kecamatan, gotong royong, kegiatan PKK dan penilaian Kecamatan |
6 |
Kegia tan |
6 |
Kegia tan |
100% |
||||||||
|
|
|
|
|
Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang Dilimpahkan kepada Camat |
Capaian Layanan Pengelolaan Sampah |
100% |
Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang terkait dengan Kewenangan Lain yang dilimpahkan |
Jumlah WRS yang dilayani |
45816 |
orang |
45816 |
orang |
100% |
|
|
Persentase Capaian Pemberdayaa n Masyarakat |
100% |
Program Pemberdaya an Masyarakat Desa dan Kelurahan |
Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan |
Jumlah Kegiatan Pembangunan Sarana Prasarana dan Pemberdayaan Masyarakat |
100% |
Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam forum Musyawarah Perencanaan di kelurahan |
Jumlah Peserta Musrenbang tingkat Kelurahan |
210 |
orang |
210 |
orang |
100% |
Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan |
Jumlah Pengadaan/pemba ngunan/pemelihar aan sarana prasraana kelurahan lainnya |
43 |
unit |
42 |
unit |
100% |
||||||||
Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan |
Jumlah peserta pemberdayaan masyarakat |
519 |
peserta |
519 |
pesert a |
100% |
||||||||
2 |
Meningkatnya Penyelenggara an ketentraman dan Ketertiban Umum Serta Pemerintahan Umum |
Persentase Permasalahan/ Pengaduan/kon Flik sosial yang ditangani |
100% |
Program Koordinasi Ketentraman dan Ketertiban Umum |
Fasilitasi, Rekomendasi dan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pemerintahan Desa |
Jumlah Fasilitasi,Reko mendasi dan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pemerintahan Desa |
100% |
Fasilitasi Penyelenggara an Ketenteraman dan Ketertiban Umum |
Jumlah Jasa Babinsa dan Babinkamtibmas dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban |
16 |
orang |
16 |
orang |
100% |
Penurunan Jumlah Gangguan Ketentraman dan Ketertiban/Konfli khari-hari besar |
100% |
Program Penyelenggar aan urusan pemerintahan umum |
Penyelenggaraa n Urusan Pemerintahan Umum sesuai Penugasan Kepala Daerah |
Terlaksananya Kegiatan Hari- hari Besar, Organisasi Kewanitaan, Organisasi Kepemudaan, Pramuka Kecamatan, Senam Kesegaran Jasmani, PORKOT, PORWIL dan |
100% |
Pembinaan Persatuan dan Kesatuan Bangsa |
Terlaksananya Senam Kesegaran Jasmani |
36 |
kali |
32 |
kali |
88,95% |
||
|
|
Terlaksananya kegiatan PORKOT |
150 |
orang |
150 |
orang |
100% |
|||||||
|
|
Pembinaan Kerukunan Antarsuku dan Intrasuku, |
Terlaksananya perayaan MTQ |
200 |
Orang |
150 |
orang |
75% |
|
|
|
|
|
|
Bina Mental PNS |
|
Umat Beragama, Ras, dan Golongan Lainnya Guna Mewujudkan Stabilitas Keamanan Lokal, Regional, dan Nasional |
Terlaksananya Buka Puasa Bersama |
75 |
orang |
75 |
orang |
100% |
Terselenggaranya perayaan HUT RI |
100 |
orang |
100 |
orang |
100% |
|||||||||
Terselenggaranya Hari Jadi Kota Medan |
100 |
orang |
100 |
orang |
100% |
Analisis capaian kinerja masing-masing sasaran diuraikan menurut indikator kinerja dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Analisis ini menjelaskan lebih lanjut tentang pelaksanaan, permasalahan, dan solusi terhadap permasalahan yang ada untuk perbaikan di masa yang akan datang.
Dari uraian sebagaimana tersebut di atas, maka gambaran evaluasi Analisis kesesuaian antara kegiatan dengan target kinerja program diuraikan menurut indikator sesuai Sasaran Strategis Kecamatan Medan Johor seperti yang tertera dalam perjanjian kinerja dapat dijelaskan sebagai berikut:
A. Indikator sasaran Capaian Kinerja Pelayanan Publik, dengan realisasi capaian kinerja adalah sebesar 100%. Adapun realisasi program, kegiatan dan sub kegiatan dapat dirinci sebagai berikut:
pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pelayanan Umum dengan capaian 100%.
Dari evaluasi jumlah keempat capaian indikator kinerja tersebut maka dapat di simpulkan bahwa persentase capaian kinerja Sasaran Strategis Kecamatan Medan Johor adalah sebesar 95,75 % yang berada pada skala pengukuran dan predikat kinerja katogori SANGAT BAIK .
Berikut ini kami gambarkan realisai laporan kinerja tahun ke tahun sebagai analisa dan bahan bagi rencana perbaikan dalam mencapai kinerja yang lebih baik.
Sasaran |
Indikator Sasaran |
Target 2022 |
Realisasi 2022 |
Realisasi s.d Tahun Berjalan |
Target Periode Terakhir 2023 |
Meningkatnya kinerja Pelayanan Kecamatan dan Kelurahan |
Capaian Kinerja Pelayanan Publik |
100% |
100% |
0% |
100% |
|
Persentase Capaian Pemberdayaan Masyarakat |
100% |
100% |
0% |
100% |
Meningkatnya Penyelenggaraan ketentraman dan Ketertiban Umum Serta Pemerintahan Umum |
Persentase Permasalahan/Pengad uan/konflik sosial yang ditangani |
100% |
100% |
0% |
100% |
|
Penurunan Jumlah Gangguan Ketentraman dan Ketertiban/Konflikhari- hari besar |
100% |
88% |
0% |
91,5% |
Kecamatan Medan Johor untuk Belanja pada P-APBD Tahun Anggaran 2022 memiliki anggaran setelah perubahan sebesar Rp. 30.019.370.196,- , dengan uraian sebagai berikut :
Dapat direalisasiskan sebesar Rp. 27.724.422.275 atau sebesar 92,36 %
dari total anggaran dengan uraian sebagai berikut:
1. Belanja Pegawai Rp. 10.644.898.137,00 sebesar 93,01 %
Berikut:
dengan Ikhtisar Realisai Pencapaian Terget Kinerja Keuangan seperti Tabel
Sehingga terdapat sisa anggaran sebesar Rp. 2.294.947.921,00 atau
sebesar 7,64% dengan rincian sebagai berikut
Ikhtisar Realisasi Pencapaian Target Kinerja Keuangan Kecamatan Medan Johor dapat juga di gambarkan seperti tabel beritkut :
Tabel Ikhtisar Realisasi Pencapaian Target Kinerja Keuangan Kecamatan Medan
Johor Kota Medan TA. 2020 dan 2022
URAIAN |
ANGGARAN 2020 |
REALISASI 2020 |
Lebih/(Kurang) |
(%) |
ANGGARAN 2022 |
REALISASI 2022 |
Lebih/(Kurang) |
(%) |
BELANJA |
16.887.156.136 |
14.974.451.294 |
(1.912.704.842) |
88,67 |
30.019.370.196 |
27.724.422.275 |
(2.294.947.921) |
92,36 |
BELANJA OPERASI |
16.767.676.386 |
14.867.498.294 |
(1.900.178.092) |
88,67 |
24.486.056.896 |
24.233.516.628 |
(1.252.540.268) |
95,09 |
Belanja Pegawai |
10.568.675.000 |
9.152.502.900 |
(1.416.172.100) |
86,60 |
11.444.927.339 |
10.644.898.137 |
(800.029.202) |
93,01 |
Belanja Barang dan Jasa |
6.199.001.386 |
5.714.995.394 |
(484.005.992) |
92,19 |
14.041.129.557 |
13.588.618.491 |
(454.511.066) |
96,78 |
BELANJA MODAL |
119.479.750 |
106.953.000 |
(12.526.750) |
89,52 |
4.533.313.300 |
3.490.905.647 |
(1.042.407.653) |
78,80 |
Belanja Modal Peralatan dan Mesin |
119.479.750 |
106.953.000 |
(12.526.750) |
89,52 |
489.609.300 |
388.395.604 |
(101.213.696) |
79,33 |
Belanja Modal Jalan, Jaringan dan Irigasi |
- |
- |
- |
- |
4.043.704.000 |
3.102.510.043 |
941.193.957 |
76,72 |
SURPLUS / (DEFISIT) |
(16.887.156.136) |
(14.974.451.294) |
1.912.704.842 |
88,67 |
(30.019.370.196) |
(27.724.422.275) |
(2.294.947.921) |
92,36 |
SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN (SILPA) |
(16.887.156.136) |
(14.974.451.294) |
1.912.704.842 |
88,67 |
(30.019.370.196) |
(27.724.422.275) |
(2.294.947.921) |
92,36 |
Dengan realisasi anggaran Program per Kegiatan seperti tabel berikut ini :
Tabel Realisasi Anggaran Kegiatan TA. 2020 dan 2022
No |
Uraian |
Anggaran 2020 |
Realsasi 2020 |
Capaian (%) |
Sisa |
No |
Uraian |
Anggaran 2022 |
Realsasi 2022 |
Capaian (%) |
Sisa |
|
1 |
Program Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan |
153.228.000 |
150.187.000 |
98,02 |
3.041.000 |
1 |
PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA |
13.900.496.235 |
13.137.327.524 |
94,51 |
763.168.711 |
|
1,1 |
Koordinasi Ketertiban dan Ketentraman Umum |
153.228.000 |
150.187.000 |
98,02 |
3.041.000 |
1.1 |
Administrasi Keuangan Perangkat Daerah |
11.033.173.144 |
10.319.152.137 |
93,53 |
714.021.007 |
|
2 |
Program Pemberdayaan Masyarakat untuk Menjaga Ketertiban dan Keamanan |
3.133.296.432 |
2.994.888.242 |
95,58 |
138.408.190 |
1.1.1 |
Penyediaan Gaji dan Tunjangan ASN |
11.029.117.339 |
10.315.468.137 |
69,94 |
713.649.202 |
|
2,1 |
Penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat |
3.133.296.432 |
2.994.888.242 |
95,58 |
138.408.190 |
1.1.2 |
Koordinasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Akhir Tahun SKPD |
4.055.805 |
3.684.000 |
90,83 |
371.805 |
|
3 |
Program Pembinaan dan Pemasyarakatan Olahraga |
26.490.000 |
9.730.000 |
35,37 |
16.760.000 |
1.2 |
Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah |
224.748.000 |
217.059.100 |
96,58 |
7.688.900 |
|
3.1 |
Peningkatan Kesegaran Jasmani dan Rekreasi |
26.490.000 |
9.730.000 |
35,37 |
16.760.000 |
1.2.1 |
Pengadaan Pakaian Dinas Beserta Atribut Kelengkapannya |
89.600.000 |
88.633.500 |
98,92 |
966.500 |
|
3.2 |
Penyelenggaran PORKOT |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
|||||||
1.2.2 |
Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Berdasarkan Tugas dan Fungsi |
135.148.000 |
128.425.600 |
95,03 |
6.722.400 |
|||||||
4 |
Program Pelayanan Administrasi Perkantoran |
521.852.786 |
430.706.617 |
82,53 |
91.146.169 |
1.3 |
Administrasi Umum Perangkat Daerah |
174.556.911 |
165.416.004 |
94,76 |
9.140.907 |
|
4.1 |
Penyediaan jasa komunikasi,sumber daya air dan listrik |
149.100.000 |
72.340.105 |
48,52 |
76.759.895 |
1.3.1 |
Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor |
9.623.700 |
4.905.000 |
50,97 |
4.718.700 |
4,2 |
Penyediaan alat tulis kantor |
39.164.142 |
38.806.350 |
99,09 |
357.792 |
1.3.2 |
Penyediaan Peralatan Rumah Tangga |
46.164.480 |
46.030.004 |
99,71 |
134.476 |
4.3 |
Penyediaan barang cetakan dan penggandaan |
24.987.151 |
24.537.500 |
98,20 |
449.651 |
1.3.3 |
Penyediaan Bahan Logistik Kantor |
43.327.731 |
42.509.000 |
98,11 |
818.731 |
4.4 |
Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor |
9.784.789 |
8.003.000 |
81,79 |
1.781.789 |
1.3.4 |
Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan |
31,437,200 |
31.009.000 |
98,64 |
428.200 |
4.5 |
Penyediaan makanan dan minuman |
33.000.000 |
32.820.000 |
99,45 |
180.000 |
1.3.5 |
Fasilitasi Kunjungan Tamu |
17.700.000 |
17.269.000 |
97,56 |
431.000 |
4.6 |
Penyediaan jasa tenaga pendukung teknis administrasi perkantoran |
232.096.032 |
223.669.662 |
96,37 |
8.426.370 |
1.3.6 |
Penyelenggaraan Rapat Koordinasi dan Konsultasi SKPD |
26.303.800 |
23.694.000 |
90,08 |
2.609.800 |
4.7 |
Penyediaan Alat Kebersihan |
33.720.672 |
30.530.000 |
90,54 |
3.190.672 |
1.4 |
Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah |
509.924.240 |
496.821.760 |
97,43 |
13.102.480 |
5 |
Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur |
396.927.250 |
381.940.713 |
96,22 |
14.910.037 |
1.4.1 |
Pengadaan Mebel |
96.000.000 |
94.896.000 |
91,22 |
1.104.000 |
5.1 |
Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional |
119.597.500 |
118.218.187 |
98,85 |
1.379.313 |
1.4.2 |
Pengadaan Peralatan dan Mesin Lainnya |
413.924.240 |
401.925.760 |
71,85 |
11.998.480 |
|
|
|
|
|
|
|
Kewajiban yang belum terbayar |
(104.500.750) |
|||
5.2 |
Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor |
25.000.000 |
24.915.000 |
99,66 |
8.500 |
1.5 |
Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah |
385.838.940 |
369.637.100 |
95,80 |
16.201.840 |
5.3 |
Pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor |
25.000.000 |
24.870.000 |
99,48 |
130.000 |
1.5.1 |
Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik |
125.122.500 |
112.190.660 |
89,66 |
12.931.840 |
5.4 |
Pengadaan Mebeleur |
43.091.360 |
33.429.000 |
77,58 |
9.662.360 |
1.5.2 |
Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor |
260.716.440 |
257.446.440 |
98,75 |
3.270.000 |
5.5 |
Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor |
100.000.000 |
99.553.526 |
99,55 |
446.474 |
1.6 |
Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah |
1.572.255.000 |
1.569.241.423 |
99,81 |
3.013.577 |
5.6 |
Pengadaan perlengkapan gedung kantor |
19.812.390 |
19.124.000 |
96,52 |
688.390 |
1.6.1 |
Penyediaan Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, Pajak, dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan |
1.367.136.000 |
1.365.973.323 |
99,91 |
1.162.677 |
5.7 |
Pengadaan peralatan gedung kantor |
64.426.000 |
61.831.000 |
95,97 |
2.595.000 |
1.6.2 |
Pemeliharaan Peralatan dan Mesin Lainnya |
65.200.000 |
64.046.500 |
98,23 |
1.153.500 |
6 |
Program peningkatan disiplin aparatur |
97.645.680 |
97.060.000 |
99,40 |
585.680 |
1.6.3 |
Pemeliharaan/Rehabilitasi Gedung Kantor dan Bangunan Lainnya |
139.919.000 |
139.221.600 |
99,50 |
697.400 |
6.1 |
Pengadaan pakaian dinas beserta perlengkapannya |
57.345.680 |
56.760.000 |
98,98 |
585.680 |
2 |
PROGRAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK |
9.026.962.360 |
8.979.049.900 |
99,47 |
47.912.460 |
6.2 |
Pengadaan Pakaian Kerja Lapangan |
16.000.000 |
16.000.000 |
100,00 |
0 |
2.1 |
Koordinasi Penyelenggaraan Kegiatan Pemerintahan di Tingkat Kecamatan |
142.147.300 |
123.770.000 |
87,07 |
18.377.300 |
6.3 |
Pengadaan pakaian khusus hari- hari tertentu |
24.300.000 |
24.300.000 |
100,00 |
0 |
2.1.1 |
Koordinasi/ Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Kegiatan Pemerintahan dengan Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal terkait |
16.874.000 |
15.870.000 |
94,05 |
1.004.000 |
7 |
Program Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan dan Hari-Hari Besar |
184.568.800 |
156.403.800 |
84,74 |
9.400.000 |
2.1.2 |
Peningkatan Efektifitas Kegiatan Pemerintahan di Tingkat Kecamatan |
125.273.300 |
107.900.000 |
86,13 |
17.373.300 |
7.1 |
Penyelenggaraan MTQ |
165.803.800 |
156.403.800 |
94,33 |
9.400.000 |
2.2 |
Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang tidak Dilaksanakan oleh Unit Kerja Perangkat Daerah yang ada di Kecamatan |
3.285.266.940 |
3.274.655.005 |
99,68 |
10.611.935 |
7.2 |
Penyelenggaraan Buka Puasa Bersama |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
2.2.1 |
Fasilitasi Percepatan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal di Wilayah Kecamatan |
9.000.000 |
8.500.000 |
94,44 |
500.000 |
7.3 |
Penyelenggaraan Halal Bihalal |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
2.2.2 |
Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan |
3.276.266.940 |
3.266.155.005 |
99,69 |
10.111.935 |
7.4 |
Penyelenggaraan perayaan HUT RI |
18.765.000 |
0 |
0,00 |
0 |
2.3 |
Koordinasi Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Pelayanan Umum |
1.617.909.600 |
1.598.986.375 |
97,11 |
46.118.575 |
7.5 |
Penyelenggaraan perayaan Hari Jadi Kota Medan |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
2.3.1 |
Koordinasi/Sinergi dengan Perangkat Daerah dan/atau Instansi Vertikal yang terkait dalam Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pelayanan Umum |
1.617.909.600 |
1.598.986.375 |
97,11 |
46.118.575 |
7.6 |
Penyelenggaraan Malam Takbiran Idul Fitri |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
2.4 |
Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang Dilimpahkan kepada Camat |
3.981.638.520 |
3.981.638.520 |
100 |
0 |
|
|
|
|
|
|
2.4.1 |
Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang terkait dengan kewenangan Lain yang Dilimpahkan |
3.981.638.520 |
3.981.638.520 |
100 |
0 |
8 |
Program Perencanaan Pembangunan Daerah |
236.888.189 |
156.204.800 |
95,57 |
7.240.682 |
3 |
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN |
6.614.996.560 |
5.285.995.101 |
79,91 |
1.329.001.459 |
8.1 |
Murenbang kecamatan |
13.662.287 |
13.547.500 |
85,92 |
114.787 |
3.1 |
Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan |
6.614.996.560 |
5.285.995.101 |
79,91 |
1.329.001.459 |
8.2 |
Musrenbang kelurahan |
16.298.502 |
16.188.000 |
98,51 |
110.502 |
3.1.1 |
Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan |
22.333.700 |
22.380.000 |
100 |
0 |
8.3 |
Koordinasi bidang sosial kemasyarakatan |
129.095.400 |
0 |
0,00 |
129.095.400 |
3.1.2 |
Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan |
5.048.985.420 |
3.932.450.430 |
77,89 |
1.116.534.990 |
8.4 |
Koordinasi bidang pemerintahan Kecamatan |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
|
KELURAHAN GEDUNG JOHOR |
699.834.200 |
537.409.494 |
76,79 |
162.424.706 |
8.5 |
Koordinasi bidang pembangunan |
77.832.000 |
58.800.000 |
99,31 |
19.032.000 |
|
KELURAHAN KEDAI DURIAN |
781.330.400 |
543.444.260 |
69,55 |
237.886.140 |
9 |
Peningkatan dan Pemberdayaan Kecamatan dan Kelurahan |
1.567.583.999 |
1.526.526.316 |
96,84 |
49.790.238 |
|
KELURAHAN KWALA BEKALA |
1.046.303.720 |
871.827.664 |
83,32 |
174.476.056 |
9.1 |
Penyediaan Jasa Tenaga Pemeliharaan Infrastruktur Kecamatan dan Kelurahan |
1.547.306.880 |
1.498.138.816 |
96,82 |
49.168.064 |
|
KELURAHAN PANGKALAN MASYHUR |
624.731.000 |
474.825.132 |
76,00 |
149.905.868 |
9.2 |
Penyediaan Bahan dan Peralatan Pemeliharaan Infrastruktur Kecamatan |
20.277.119 |
28.387.500 |
97,86 |
622.174 |
|
KELURAHAN SUKAMAJU |
968.688.100 |
729.536.279 |
75,31 |
239.151.821 |
|
|
|
|
|
|
|
KELURAHAN TITI KUNING |
928.098.000 |
775.407.601 |
83,55 |
152.690.399 |
10 |
Peningkatan dan Pemberdayaan Kecamatan dan Kelurahan |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
3.1.3 |
Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan |
1.542.677.440 |
1.331.164.671 |
86,29 |
211.512.769 |
10.1 |
Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan ( DAU Tambahan ) |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
|
KELURAHAN GEDUNG JOHOR |
327.689.100 |
235.439.374 |
71,85 |
92.249.726 |
10.2 |
Pemberdayaan Masyarakat di di Kelurahan ( DAU Tambahan ) |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
|
KELURAHAN KEDAI DURIAN |
418.647.600 |
394.903.989 |
94,33 |
23.743.611 |
10.3 |
Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (Pendamping DAU Tambahan ) |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
|
KELURAHAN KWALA BEKALA |
153.690.600 |
145.521.920 |
94,68 |
8.168.680 |
10,4 |
Pemberdayaan Masyarakat di di Kelurahan ( Pendamping DAU Tambahan ) |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
|
KELURAHAN PANGKALAN MASYHUR |
139.447.540 |
137.602.800 |
98,68 |
1.844.740 |
|
|
|
|
|
|
|
KELURAHAN SUKAMAJU |
231.306.100 |
220.722.110 |
95,42 |
10.583.990 |
11 |
Program Peningkatan Kemanan dan Kenyamanan Lingkungan |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
|
KELURAHAN TITI KUNING |
271.896.500 |
196.974.478 |
72,44 |
74.922.022 |
11.1 |
Koordinasi ketertiban dan ketentraman umum |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
4 |
PROGRAM PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN UMUM |
308.825.800 |
278.588.000 |
90,21 |
30.237.800 |
11.2 |
Program Peningkatan Peran Serta Kepemudaan |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
4.1 |
Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum sesuai Penugasan Kepala Daerah |
308.825.800 |
278.588.000 |
90,21 |
30.237.800 |
11.1 |
Gladian pinru, gladian pinsar, karang pamitraan, pembina, kursus mahir dasar pembina |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
||||||
11.2 |
Pemberdayaan pramuka kecamatan |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
4.1.2 |
Pembinaan Persatuan dan Kesatuan Bangsa |
137.237.400 |
117.153.000 |
85,37 |
20.084.400 |
12 |
Program Penanggulangan Kemiskinan |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
4.1.3 |
Pembinaan Kerukunan Antarsuku dan Intrasuku, Umat Beragama, Ras, dan Golongan Lainnya Guna Mewujudkan Stabilitas Keamanan Lokal, Regional, dan Nasional |
171.588.400 |
161.435.000 |
94,08 |
10.153.400 |
12.1 |
Koordinasi penanggulangan kemiskinan Kota Medan |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
5 |
PROGRAM PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PEMERINTAHAN DESA |
168.089.241 |
147.962.500 |
88,03 |
20.126.741 |
12.2 |
Program Pengembangan Lingkungan Sehat |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
5.1 |
Fasilitasi, Rekomendasi dan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pemerintahan Desa |
168.089.241 |
147.962.500 |
88,03 |
20.126.741 |
13 |
Program Pengembangan Lingkungan Sehat |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
5.1.1 |
Fasilitasi Penyelenggaraan Ketentraman danKtertiban Umum |
168.089.241 |
147.962.500 |
88,03 |
20.126.741 |
13.1 |
Penyuluhan menciptakan lingkungan sehat |
0 |
0 |
0,00 |
0 |
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
16.887.156.136 |
14.974.451.294 |
88,67 |
1.912.704.842 |
|
T O T A L |
30.019.370.196 |
27.724.422.275 |
92,36 |
2.294.947.921 |
BAB IV PENUTUP
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Kecamatan Medan Johor Tahun 2022 adalah merupakan penyampaian informasi dan transparansi terkait dengan kinerja yang telah dicapai oleh organisasi sehubungan dengan anggaran yang telah digunakan. Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi secara jelas keluaran (outputs) dan hasil (outcomes) dari setiap program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Laporan kinerja ini memuat pengukuran kinerja dan evaluasi kinerja atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2022 yang mengindikasikan tingkat keberhasilan dan kegagalan dalam pelaksanaannya serta efektivitas dan efisiensi program dan kebijakan yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil pengukuran kinerja dan evaluasi kinerja sebagaimana yang diuraikan pada bab sebelumnya, secara umum pelaksanaan program dan kegiatan dalam rangka pencapaian kinerja sasaran Kecamatan Medan Johor tahun 2022 dengan 4 sasaran dikategorikan berhasil.
Laporan ini telah kami susun dengan sebaik-baiknya sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan namun tentu saja masih terdapat banyak kekurangan. Untuk itu, kritik dan saran yang positif sangat kami harapkan. Semoga hasil pengukuran kinerja yang tertuang dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah ini dapat bermanfaat untuk peningkatan kinerja di masa yang akan datang.
Medan, 29 Januari 2023
CAMAT MEDAN JOHOR
CHANDRA DALIMUNTHE, SSTP, MSP PEMBINA TK-I
NIP. 19810816 200012 1 005